Langsung ke konten utama

Soal Essay & Objektif Bimbingan dan Konseling Beserta Jawaban




SOAL ESSAY & OBJEKTIF Tugas ke-4:
A.    SOAL ESSAY
1.      Apakah yang harus dilakukan Konselor/Guru BK untuk mengoptimalkan pelayanan bimbingan dan konseling agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik itu sendiri?
Jawab: Yang  harus dilakukan Konselor/Guru BK adalah mengenali dan memahami keunikan setiap peserta didik dengan berbagai kekuatan, kelemahan, dan permasalahannya.

2.      Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari adanya faktor-faktor negatif pada diri individu?
Jawab: Faktor-faktor yang pengaruhnya negatif akan menimbulkan hambatan-hambatan terhadap kelangsungan perkembangan dan kehidupan individu yang akhirnya menimbulkan masalah tertentu pada diri individu. Masalah-masalah yang timbul seribu satu macam dan sangat bervariasi, baik dalam jenis dan intensitasnya.

3.      Sebutkan prinsip BK berkaitan dengan pengorganisasian (minimal 3 buah)?
Jawab:
1)      Bimbingan harus dilaksanakan secara kontinu.
2)      Dalam pelaksanaan bimbingan harus tersedia kartu pribadi (cumulative record) bagi setiap individu.
3)      Program bimbingan harus disusun sesuai dengan kebutuhan sekolah yang bersangkutan.
4)      Pembagian waktu harus diatur untuk setiap petugas secara baik.
5)      Bimbingan harus dilaksanakan dalam situasi individu dalam situasi kelompok, sesuai dengan masalah dan metode yang dipergunakan dalam memecahkan masalah tersebut.


B.     SOAL OBJEKTIF
1.      Berikut ini yang menjadi sasaran umum pada prinsip BK berkaitan dengan peserta didik adalah...
a.       Perkembangan dan perikehidupan peserta didik
b.      Sikap dan tingkah laku peserta didik
c.       Permasalahan yang dihadapi peserta didik
d.      Variasi dan keunikan peserta didik
e.       Pertumbuhan fisik peserta didik
Kunci Jawaban: a. Perkembangan dan perikehidupan peserta didik
2.      Berikut ini adalah prinsip BK berkaitan dengan peserta didik, kecuali...
a.       Melayani semua peserta didik
b.      Menjangkau keunikan dan kekompleksan pribadi peserta didik
c.       Memanggil peserta didik yang bermasalah dan menghukumnya
d.      Mengenali keunikan setiap peserta didik
e.       Perbedaan peserta didik harus dipahami dan dipertimbangkan
Kunci Jawaban: c. Memanggil peserta didik yang bermasalah dan menghukumnya

3.      Tujuan bimbingan dan konseling tidak terlepas dari tujuan pendidikan pada umumnya sehingga tujuan bimbingan adalah..........tujuan pendidikan.
a.       Penjabaran dari                                   d.  Sama dengan
b.      Kebalikan dari                                     e.  Menggantikan
c.       Membantu tercapainya
Kunci Jawaban: c. Membantu tercapainya

4.      Menurut Tidjan dkk (2000: 15-17), yang memegang tanggung jawab tertinggi dalam pelaksanaan dan perencanaan program bimbingan adalah...
a.       Konselor                                              d. Guru Tetap
b.      Guru BK                                             e. Kepala Sekolah
c.       Bidang Tata Usaha (TU)
Kunci Jawaban: e. Kepala Sekolah

5.      “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”
Di atas merupakan tujuan pendidikan yang dijelaskan pada...
a.       Pasal 31 ayat 3 UUD 1945                 d.  UU No. 20 Tahun 2003 pasal 3
b.      Pasal 31 ayat 5 UUD 1945                 e.  Semua salah
c.       Pembukaan UUD 1945
Kunci Jawaban: d. UU No. 20 Tahun 2003 pasal 3


           

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manusia, Keragaman dan Kesetaraan

BAB I PENDAHULUAN 1.1        Latar Belakang “Manusia, Keragaman dan Kesetaraan” yakni dapat menyadarkan kepada manusia bahwa keragaman merupakan keniscayaan hidup manusia, termasuk di Indonesia. Dalam paham multikulturalisme, kesederajadan, dan atau kesetaraan sangat dihargai untuk semua budaya yang ada dalam masyarakat. Paham ini sebetulnya merupakan bentuk akomodasi dari budaya arus utama (besar) terhadap munculnya budaya-budaya kecil yang datang dari berbagai kelompok. Itulah sebabnya, penting sekarang ini membahas keragaman dan kesetaraan dalam hidup manusia. Untuk konteks Indonesia sebagai masyarakat majemuk, sehubungan dengan pentingnya ketiga hal tersebut : manusia, keragaman, dan kesetaraan, tatkala berbicara tentang keragaman, hal itu mesthi dikaitkan dengan kesetaraan. Mengapa? Karena keragaman tanpa kesetaraan akan memunculkan diskriminasi : kelompok etnis yang satu bisa memperoleh lebih dibanding yang lain; atau kelompok umur ...

Makalah Transmisi Otomatis

BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang             Sistem transmisi, dalam otomotif, adalah sistem yang menjadi penghantar energidari mesin ke diferensial dan as. Dengan memutar as, roda dapat berputar danmenggerakkan mobil.Transmisi diperlukan karena mesin pembakaran yang umumnya digunakan dalammobil merupakan mesin pembakaran internal yang menghasilkan putaran (rotasi) antara600 sampai 6000 rpm. Sedangkan, roda berputar pada kecepatan rotasi antara 0 sampai2500 rpm.Sekarang ini, terdapat dua sistem transmisi yang umum, yaitu transmisi manualdan transmisi otomatis. Terdapat juga sistem-sistem transmisi yang merupakan gabunganantara kedua sistem tersebut, namun ini merupakan perkembangan terakhir yang barudapat ditemukan pada mobil-mobil berteknologi tinggi dan merek-merek tertentu saja.Transmisi manual merupakan salah satu jenis transmisi yang banyak dipergunakan dengan alasan perawatan yang lebih mudah.  ...