SOAL ESSAY
& OBJEKTIF Tugas ke-4:
A. SOAL ESSAY
1.
Apakah yang harus dilakukan Konselor/Guru BK untuk
mengoptimalkan pelayanan bimbingan dan konseling agar sesuai dengan kebutuhan peserta
didik itu sendiri?
Jawab: Yang harus dilakukan Konselor/Guru BK adalah
mengenali dan memahami keunikan setiap peserta didik dengan berbagai kekuatan,
kelemahan, dan permasalahannya.
2.
Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari adanya
faktor-faktor negatif pada diri individu?
Jawab: Faktor-faktor
yang pengaruhnya negatif akan menimbulkan hambatan-hambatan terhadap
kelangsungan perkembangan dan kehidupan individu yang akhirnya menimbulkan
masalah tertentu pada diri individu. Masalah-masalah yang timbul seribu satu
macam dan sangat bervariasi, baik dalam jenis dan intensitasnya.
3.
Sebutkan prinsip BK berkaitan dengan pengorganisasian
(minimal 3 buah)?
Jawab:
1)
Bimbingan harus dilaksanakan secara kontinu.
2)
Dalam pelaksanaan bimbingan harus tersedia kartu
pribadi (cumulative record) bagi setiap individu.
3)
Program bimbingan harus disusun sesuai dengan
kebutuhan sekolah yang bersangkutan.
4)
Pembagian waktu harus diatur untuk setiap petugas
secara baik.
5)
Bimbingan harus dilaksanakan dalam situasi individu
dalam situasi kelompok, sesuai dengan masalah dan metode yang dipergunakan
dalam memecahkan masalah tersebut.
B. SOAL OBJEKTIF
1.
Berikut ini yang menjadi sasaran umum pada prinsip BK
berkaitan dengan peserta didik adalah...
a. Perkembangan
dan perikehidupan peserta didik
b. Sikap
dan tingkah laku peserta didik
c. Permasalahan
yang dihadapi peserta didik
d. Variasi
dan keunikan peserta didik
e. Pertumbuhan
fisik peserta didik
Kunci
Jawaban: a. Perkembangan
dan perikehidupan peserta didik
2.
Berikut ini adalah prinsip BK berkaitan dengan peserta
didik, kecuali...
a. Melayani
semua peserta didik
b. Menjangkau
keunikan dan kekompleksan pribadi peserta didik
c. Memanggil peserta
didik yang bermasalah dan menghukumnya
d. Mengenali
keunikan setiap peserta didik
e. Perbedaan peserta
didik harus dipahami dan dipertimbangkan
Kunci Jawaban: c. Memanggil peserta
didik yang bermasalah dan menghukumnya
3. Tujuan
bimbingan dan konseling tidak terlepas dari tujuan pendidikan pada umumnya sehingga
tujuan bimbingan adalah..........tujuan pendidikan.
a. Penjabaran
dari d. Sama dengan
b. Kebalikan
dari e. Menggantikan
c. Membantu
tercapainya
Kunci Jawaban: c. Membantu
tercapainya
4. Menurut
Tidjan dkk (2000: 15-17), yang memegang tanggung jawab tertinggi dalam
pelaksanaan dan perencanaan program bimbingan adalah...
a. Konselor d.
Guru Tetap
b. Guru BK e.
Kepala Sekolah
c. Bidang Tata
Usaha (TU)
Kunci Jawaban: e. Kepala Sekolah
5. “Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab.”
Di atas merupakan tujuan pendidikan yang dijelaskan pada...
a. Pasal
31 ayat 3 UUD 1945 d. UU No. 20 Tahun 2003 pasal 3
b. Pasal
31 ayat 5 UUD 1945
e. Semua salah
c. Pembukaan
UUD 1945
Kunci Jawaban: d. UU No. 20 Tahun
2003 pasal 3
Mengapa gak ada kesimpulan nya
BalasHapus